Kabupaten Samosir Nihil ODP

andai pandemi tidak berakhir

topmetro.news – Pemkab Samosir, melalui Dinas Kominfo menginformasikan, bahwa ODP di Samosir nihil. Kendati demikian disampaikan juga, agar kewaspadaan tetap ditingkatkan untuk menghentikan potensi penularan. Bahkan andai pandemi tidak berakhir, semua harus siap menghadapinya.

Demikian informasi dari Kadis Kominfo Samosir Rohani Bakkara, Selasa (19/5/2020).

Dia juga menyampaikan data terkait Covid-19 secara nasional maupun Sumatera Utara hingga Hari Selasa, 19 Mei 2020. “Secara nasional, positif 18.456 orang, sembuh 4.467 orang, dan meninggal 1.221 orang. Sumatera Utara, positif Rapid Test Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) 235 orang, sembuh 74 orang, dan meninggal 29 orang,” jelasnya.

“Belum menurun secara signifikan. Namun kita tetap berharap dengan praktik protokol kesehatan yang ketat, penyebaran itu akan mencapai titik puncak dan sekaligus menurun,” masih kata Rohani.

Dia pun mengajak semua warga untuk menunggu hingga keadaan normal kembali. “Kita sedang menunggu ‘new normal’ (kehidupan normal baru) pasca-Covid-19 berhenti. Cara terbaik untuk ini di Samosir adalah dengan tetap meningkatan ketahanan desa dengan aspek tangkal pandemi dan dampak pengiringnya,” katanya.

Disiplin Melawan Covid-19

Lalu, bagaimana andai pandemi tidak berakhir? Soal ini, Rohani Bakkara lantas mengingatkan apa yang disampaikan oleh Presiden RI.

“Presiden Jokowi mengharapkan kita tetap produktif dan aman dari Covid-19. Ini bukanlah keniscayaan. Namun harus kita jawab dengan praktik hidup yang berdisiplin menjalankan protokol kesehatan dalam setiap gerak dan langkah kita dengan sering cuci tangan, gunakan masker, jaga jarak, tinggal di rumah, jaga lingkungan, tingkatkan imunitas tubuh dengan konsumsi makanan bergizi, segera menghubungi Puskesmas jika ada gejala untuk tindak lanjut medis, bagi yang mampu bantu tetangga dalam hal kebutuhan sehari-hari, tetap dalam kebersamaan, ciptakan narasi komunikasi yang sejuk, dan hal-hal positif lainnya,” papar Rohani mengulangi apa yang disampaikan Jokowi.

Kadis Kominfo Samosir itu pun menyampaikan, bahwa Pemkab Samosir didukung TNI/Polri, Kejaksaan, DPRD Samosir, dan seluruh elemen masyarakat tetap siaga mencegah dan menanggulangi Covid-19 setiap saat hingga pandemi berakhir.

“Mari hadang Covid-19 agar tidak masuk ke Samosir,” tutupnya.

reporter | TIM

Related posts

Leave a Comment